Pengertian Dan Contoh Dari Agreement

Pengertian dan Contoh dari Agreement

Agreement atau kesepakatan adalah sebuah perjanjian atau kontrak yang dibuat antara dua atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama. Dalam dunia bisnis, agreement adalah hal yang sangat penting karena dapat menghindari perselisihan di kemudian hari.

Berikut adalah pengertian dan contoh dari agreement:

1. Pengertian Agreement

Agreement adalah sebuah perjanjian yang dibuat antara dua atau lebih pihak untuk mencapai tujuan bersama. Dalam sebuah agreement, terdapat beberapa hal yang harus disepakati, seperti tujuan, waktu, biaya, dan hak dan kewajiban dari setiap pihak.

Agreement dapat bersifat tertulis atau lisan. Namun, untuk menghindari salah pengertian atau perselisihan di kemudian hari, agreement sebaiknya dibuat secara tertulis.

2. Contoh Agreement

Contoh agreement yang umum dijumpai dalam dunia bisnis adalah agreement antara perusahaan dengan pihak lain, seperti vendor, klien, atau partner bisnis. Berikut adalah beberapa contoh agreement yang sering dibuat dalam dunia bisnis:

a. Service Level Agreement (SLA)

Service Level Agreement (SLA) adalah sebuah agreement yang dibuat antara penyedia layanan dengan pelanggan terkait kualitas layanan yang akan diberikan. Dalam SLA, harus disepakati kualitas layanan yang akan diberikan, waktu pelayanan, biaya, dan hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.

b. Non-Disclosure Agreement (NDA)

Non-Disclosure Agreement (NDA) adalah sebuah agreement yang dibuat antara dua pihak untuk menjaga kerahasiaan informasi yang diberikan oleh salah satu pihak kepada pihak lainnya. NDA biasa digunakan dalam konteks bisnis untuk menjaga kerahasiaan informasi strategis sebuah perusahaan.

c. Memorandum of Understanding (MoU)

Memorandum of Understanding (MoU) adalah sebuah agreement yang dibuat antara dua atau lebih pihak untuk menyepakati sebuah kerjasama atau proyek bersama. Dalam MoU, dijelaskan tujuan, waktu, biaya, dan hak dan kewajiban dari kedua belah pihak.

d. Sales and Purchase Agreement (SPA)

Sales and Purchase Agreement (SPA) adalah sebuah kontrak yang dibuat antara pihak penjual dengan pihak pembeli untuk menjual atau membeli barang atau jasa. Dalam SPA, dijelaskan rincian barang atau jasa yang akan dibeli atau dijual, harga, waktu pengiriman, dan hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Kesimpulan

Agreement sangat penting dalam dunia bisnis untuk menghindari perselisihan di kemudian hari. Dalam sebuah agreement, harus dijelaskan secara rinci tujuan, waktu, biaya, dan hak dan kewajiban dari kedua belah pihak. Hal ini dapat meminimalisir kesalahpahaman dan perselisihan di kemudian hari.

याे सामग्री सेअर गर्नुहाेस्